Kamis, 19 Januari 2017

Taman Bawah Air di Danau Tragoess

Di Austria, suatu negeri di Benua Eropa, terdapat danau unik. Danau ini berada di kaki pegunungan Hochschwab. Di dalam danau ini, terdapat taman. Karenanya, bila memasuki bagian dalam danau, kita akan melihat kursi, pepohonan, rerumputan, bangku, dan sebagainya. Karena keunikan ini, menyelam mengitari bagian dalam danau tentunya memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Terlebih, bagi yang menyukai diving. Hanya saja, taman ini hanya ada saat musim semi saja. Yaitu, dari bulan Mei hingga Juni. Danau tersebut yaitu danau Tragoess. Disebut demikian karena berlokasi di Pedesaan Tragoess.


Gambar 1. Kursi Kayu Di Dalam Danau Danau Tragoess


Gambar 2. Jembatan Kayu Di Dalam Danau Danau Tragoess

Lalu, mengapa fenomena ‘taman bawah air’ tersebut dapat terjadi? Di pinggir danau Tragoess, terdapat taman. Karena salju dari pegunungan Hochschwab mencair saat musim semi, salju yang mencair akan merendam danau dan taman hingga sekitar 12 meter. Suhu air berkisar diantara 6 hingga 7 derajat celcius. Nah, saat musim gugur tiba, yaitu pada bulan Juli, air yang merendam danau dan taman akan mulai surut. Karenanya, danau dan taman akan mulai terlihat seperti semula.

Keindahan ‘taman bawah air’ ini diabadikan oleh Marc Henauer, seorang fotografer sekaligus juga seorang penyelam asal Swiss. Ia mengajak istrinya untuk mengambil beberapa gambar bagian dalam danau saat danau dan taman terendam. Ia mengambil gambar dengan menggunakan kamera scuba, kamera yang khusus dirancang untuk mengambil gambar saat diving. Setelah mengambil banyak gambar, ia begitu sangat terpukau dengan pesona keindahan bagian dalam danau. Ia menceritakan bahwa menyelam mengitari bagian dalam danau seperti berenang di dunia dongeng. “Ketika saya berada di bawah air rasanya seperti saya berenang di dunia dongeng, begitu indah”, tuturnya.

Selain keberadaan ‘taman bawah air’ yang begitu mempesona saat musim panas, hal unik lainnya di danau ini yaitu air danau yang jernih dan berwarna hijau kristal. Warna ini disebabkan karenanya ada pantulan rumput berwarna hijau yang berada di permukaan danau. Nah, karena air danau ini berwarna hijau kristal, danau ini disebut juga Gruner See. Dalam bahasa Indonesia, artinya danau berwarna hijau. Perpaduan air danau yang berwarna hijau kristal dengan panorama pemandangan pegunungan Hochschwab menjadikan danau ini terlihat begitu mempesona dan asri.


Gambar 3. Panorama Danau Tragoess

Nah, agar danau ini lebih terlindungi dan lebih terjaga dari polusi, pemerintah setempat mengeluarkan kebijakan melarang berbagai aktivitas olahraga air di danau ini. Kebijakan ini mulai berlaku sejak Januari 2006.

Karena keindahan dan pesona Danau Tragoess, tak salah bila menyebut danau ini sebagai salah satu danau tercantik di Benua Eropa. Dan juga, tak salah menyebut danau ini sebagai destinasi wisata favorit untuk diving di Benua Eropa. Nah, tertarik berwisata ke danau Tragoess saat musim semi lalu menyelam mengitari bagian dalam danau saat musim semi?

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://www.divebuddy.com/members/1/pic_1_72015.jpg
2. http://cheapvacationholiday.com/wp-content/uploads/2014/12/Tragoess-Green-Lake-Austria-holiday.jpeg
3. http://1.bp.blogspot.com/-OGTehzawEpc/Uac0fFTRT0I/AAAAAAABJbM/vXDq67ibTnk/s1600/02_Green+Lake%25E2%2580%2594Austria.jpg


Related Posts :