Jumat, 24 Februari 2017

Air Danau Gippsland Memancarkan Warna Biru Neon Saat Gelap

Selain Danau Hillier, danau dengan air berwarna pink, ada juga danau unik dan langka lainnya di Australia. Danau ini bernama danau Gippsland. Danau seluas 354 meter persegi ini terletak di tenggara Australia. Tepatnya di kawasan Victoria.

Danau ini sangat menarik untuk kita simak dan cermati. Saat gelap, air danau memancarkan warna biru neon yang begitu terang. Saking terangnya warna tersebut, seolah-olah tersimpan jutaan lampu neon di dalam danau. Saat siang hari, danau ini terlihat seperti danau pada umumnya. Karena keindahan warna biru neon yang dipancarkan air danau begitu mempesona dan menerangi gelapnya malam, siapapun akan terpukau mata saat memandangnya. Berikut foto Danau Gippsland saat siang hari dan foto Danau Gippsland saat malam.


Gambar 1. Danau Gippsland


Gambar 2. Saat Malam, Inilah Warna Biru Neon Air Danau Gippsland

Lalu, apa yang menyebabkan air danau berubah menjadi biru neon saat gelap? Menurut beberapa penelitan ilmiah, warna biru neon disebabkan oleh reaksi bioluminescene, semacam reaksi kimia, yang dilakukan organisme di dalam air danau. Reaksi ini menyebabkan organisme memancarkan cahaya terang. Nah, mengapa organisme melakukan reaksi tersebut? Organisme melakukan reaksi bioluminescene, karena tingginya kandungan zat dalam tubuh organizme. Beberapa ilmuwan meyakini tingginya kandungan zat disebabkan oleh kebakaran hutan dan banjir yang terjadi di sekitar danau. Kebakaran hutan dan banjir menghasilkan beragam nutrisi bagi organisme. Singkatnya, munculnya warna biru neon pada air danau saat malam merupakan fenomena alam yang langka.

Selain keunikan tersebut, ada juga keunikan lainnya danau ini. Yaitu, bila kulit terkena air danau yang berwarna biru neon, kulit akan membiru. Warna biru pada kulit sama seperti warna biru neon pada air danau. Karenanya, bila berenang di dalam danau ini, tubuh akan terlihat membiru seperti mahluk misterius.

Keunikan Danau Gippsland menarik minat Phil Hart, seorang fotografer freelance asal Melborune. Selain memotret pancaran pesona keindahan warna biru neon, ia pun mencoba berenang di dalam danau. Ia menceritakan pengalamannya berenang di dalam danau. “Berada di sana dan melihat biopendar yang begitu memukau adalah kesempatan yang sangat langka”, tuturnya. Berikut foto Phil Hart setelah berenang di dalam danau tersebut. Kulitnya terlihat begitu berwarna biru neon sehingga terlihat seperti mahluk misterius.


Gambar 3. Berenang di Danau Gippsland Membuat Kulit Membiru seperti Mahluk Misterius

Demikian, keunikan-keunikan Danau Gippsland. Mungkin, hanya ada sedikit danau di dunia yang seperti danau Gippsland. Kesimpulannya, tak salah menyebut danau Gippsland sebagai salah satu danau unik di dunia. Dan juga, tak salah menyebut danau Gippsland sebagai salah satu danau langka di dunia. Nah, apakah tertarik berwisata ke danau ini untuk melihat keindahan warna biru neon ataupun berenang di dalam danau?

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar::
1. http://mahertours.co.nz/wp-content/uploads/2016/08/gippsland-lakes-boating-sailing.jpg
2. http://1.bp.blogspot.com/-9qctnbmdH3w/T3SLWzF9UyI/AAAAAAAA3jQ/o-vUiK1Ze8o/s1600/9.jpg
3. http://procproto.cz/wp-content/uploads/gippsland-lakes.jpg


Related Posts :