Jumat, 10 Februari 2017

Danau Bellandur, Danau Penuh Busa dari India

Tahun 2015 menjadi puncak kehebohan masyarakat sekitar danau Bellandur di Bangalore, India. Pasalnya, keadaan danau Bellandur yang semula normal saja, tiba-tiba menyemburkan gumpalan busa mirip salju yang menutupi permukaan danau. Bukan sekadar busa biasa yang muncul, melainkan busa beracun yang menurut informasi sangat mudah terbakar. Kehadiran fenomena itu jelas menimbulkan rasa khawatir bagi masyarakat sekitar. Apalagi saat hujan turun disertai angin kencang, air danau Bellandur yang memiliki aliran sampai ke wilayah perkotaan itu dapat menguap lalu menyebarkan busa-busa itu mencemari wilayah di sekitarnya.


Gambar 1. Permukaan Danau Bellandur Tertutupi Busa Beracun

Tidak jarang, lalu lintas jalan raya menjadi terganggu akibat keberadaan busa-busa itu yang beterbangan dan merusak pemandangan. Belum diketahui pasti apa yang menyebabkan munculnya busa beracun di atas permukaan danau Bellandur. Namun spekulasi yang berkembang menyebutkan pencemaran akut yang terjadi pada danau Bellandur sebagai faktor utamanya. Memang dikabarkan danau Bellandur sudah lama menjadi lokasi pembuangan limbah secara masif. Baik limbah rumah tangga, maupun limbah industri. Bahkan disebutkan, danau Bellandur telah menerima sebanyak 130 juta galon limbah yang mencemarinya.


Gambar 2. Busa beracun mencemari wilayah perkotaan

Padahal dulunya, sebelum tercemar oleh pembuangan limbah, danau Bellandur merupakan danau dengan keindahan yang mumpuni. Wilayah di Bangalore pun sempat terkenal dengan keberadaan banyak danau-danau yang dimilikinya. Sampai wilayahnya sendiri dijuluki sebagai “kota seribu danau”, tapi belakangan julukan itu lantas berubah jadi “kota seribu limbah”. Kini, bukan hanya danaunya saja yang terkontaminasi oleh limbah, keadaan lingkungan secara menyeluruh sudah tidak lagi nyaman. Udara sekitar tercemar oleh bau yang tidak sedap, masyarakat setempat pun semakin rentan terjangkiti oleh penyakit, seperti demam, sakit kepala, sakit perut, alergi kulit, dan lain-lain.

Sesungguhnya sudah lama masyarakat melakukan protes atas kondisi air danau yang semakin terpuruk. sejak tahun 2000 protes itu telah dilayangkan pada pemerintah dan pejabat daerah untuk mengatasi persoalan polusi limbah yang mencemari danau Bellandur. Nyatanya, menurut penuturan warga, pejabat berwenang tidak melakukan banyak hal secara serius dalam mengatasi persoalan itu. Tingkat pencemaran air danau pun semakin tak terbendung, dan diduga menjadi penyebab munculnya busa beracun yang membahayakan.


Gambar 3. Percikan Api di permukaan danau Bellandur

Sejumlah peristiwa yang pernah terjadi menujukkan betapa busa beracun itu mengandung risiko yang tinggi. Mei 2015 lalu, terekam dalam sebuah video yang beredar luas di dunia maya, munculnya percikan api pada busa beracun di atas danau Bellandur. Dikatakan oleh para ahli, percikan api itu muncul akibat limbah air danau yang mengandung minyak dan fosfor. Kondisi itulah yang membuatnya mudah terbakar.

Atas banyaknya peristiwa memilukan yang terjadi karena keberadaan busa beracun pada danau Bellandur, belakangan pemerintah daerah telah menugaskan pihak profesional untuk melakukan investigasi atas kasus tersebut. Diharapkan dengan itu bisa dicari solusi secepatnya, dan limbah pencemaran tidak semakin parah merambat pada danau-danau lain di wilayah Bangalore, India.

Oleh: Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://global.liputan6.com/read/2236934/fenomena-danau-terbakar-di-india
2. http://dunia.news.viva.co.id/news/read/679916-danau-di-india-penuh-buih-akibat-polusi
3. http://www.intisari-online.com/read/danau-di-india-ini-secara-misterius-menyemburkan-busa-beracun-warga-menjadi-panik
4. http://www.wowmenariknya.com/2015/10/tercemar-danau-di-india-ini-berubah-jadi-salju-beracun.html
Sumber Gambar:
1. http://pekanbaru.tribunnews.com/2015/10/31/misterius-warga-panik-danau-di-india-semburkan-busa-beracun
2. http://pekanbaru.tribunnews.com/2015/10/07/tercemar-mudah-terbakar-permukaan-danau-tertutup-buih-mirip-salju
3. http://global.liputan6.com/read/2236934/fenomena-danau-terbakar-di-india (@basuanand)


Related Posts :