Rabu, 22 Februari 2017

Danau Como, Danau Terindah di Italia

Berbicara mengenai danau indah di Benua Eropa, kurang ‘afdol’ bila tak membahas pesona keindahan Danau Como. Danau terbesar ketiga di Italia yang berada di kawasan Italia utara ini ini menempati peringkat pertama danau tercantik di dunia versi Huffington Post. Lalu, apa saja keindahan-keindahan dan keunikan-keunikan danau yang pada zaman dahulu menjadi tempat peristirahatan kalangan bangsawan dan aristorkrat ini?

Bentuk Danau Menyerupai Huruf Y Terbalik
Umumnya, danau berbentuk cenderung bulat ataupun lonjong. Nah, bentuk danau yang dalam bahasa Italia disebut Lago Di Como ini tak seperti bentuk danau pada umumnya. Bentuk danau yang mulai disinggahi pada tahun 800 sesudah masehi ini menyerupai huruf Y terbalik sehingga mirip seperti orang yang sedang berlari. Karena danau ini cukup besar, yaitu 146 kilometer persegi, posisi danau ini membentangi di beberapa kota. Masing-masing ‘kaki’ terletak di Kota Lecco dan Como. ‘Hidungnya’ terletak di Kota Domasso. Posisi ‘pinggangnya’ berada di Kota Belaggio.


Gambar 1. Peta Danau Como

Dikelilingi Pemandangan Bernuansa Klasik
Bentang pemandangan yang klasik. Inilah yang membedakan danau ini dengan danau pada umumnya. Seperti yang sudah disebutkan, posisi danau ini membentangi beberapa kota. Bangunan yang terdapat di kota-kota tersebut, kebanyakan berusia tua dan berarsitekur klasik. Tak hanya itu saja, diantara bangunan-banguan klasik terdapat beberapa kastil. Karenanya, bila berada di tengah-tengah danau, pengunjung danau akan merasakan atmosfer suasana klasik khas abad ke-19.

Selain bangunan-bangunan tua bergaya klasik dan kastil, beberapa gunung pun menghiasi danau ini. Di sebelah timur danau terdapat gunung Rosegna dan Legnonoe. Masing-masing tinggi gunung ini yaitu 1885 meter dan 2650 meter. Sedangkan di sebelah barat danau, terdapat gunung Bregnano yang berketinggian 2092 meter. Nah, di antara ‘kaki’ danau, ada juga gunung bernama San Primo. Nah, perpaduan gunung-gunung tersebut dengan pedesaan yang indah dan kota-kota di sekeliling danau menciptakan pemandangan yang begitu mempesona.


Gambar 2. Bangunan-Bangunan Tua Di Sekitar Danau Como


Gambar 3. Bentang Gunung Danau Como

Karena pesona danau ini, tak mengherakan bahwa banyak penyair, baik yang berasal dari Italia maupun negara lainnya, yang mencari inspriasi di danau ini pada zaman dahulu. Salah satunya yaitu Percy Bishyee Shelley, penyair asal Inggris. Karena terpesona dengan keindahan Danau Como, ia menulis surat tentang keindahan danau ini kepada Thomas Love Peacock, seorang novelis yang juga berasal dari Inggris.

Menjadi Lokasi Syuting Beberapa Film Hollywood
Karena bentang alam yang mempesona, danau ini pernah menjadi lokasi syuting beberapa film Hollywood. Diantaranya Ocean Twelve, Star Wars, dan Casino Royale. Bahkan, tak sedikit selebritis dunia yang membeli rumah ataupun properti lainnya di areal sekitar danau tersebut. Diantaranya, Sylvester Stallone, Madonna, dan George Clooney.

Nah, karena keindahan-keindahan danau ini, tak salah bila menyebut Danau Como sebagai danau terindah di Italia.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
  1. http://www.navigazionelaghi.it/images/como-piantina-zoom.gif
  2. http://media-cache-ec0.pinimg.com/736x/ce/f9/1a/cef91a759feb5a6cf6c63ee4fe632d1c.jpg
  3. http://3.bp.blogspot.com/-e14b_06in_w/Tfkq9dMp7jI/AAAAAAAAT70/_zDeZ_JRr1A/s1600/lake_como_estate.jpg


Related Posts :