Selasa, 07 Februari 2017

Danau Flathead, Danau yang Super Jernih dari Montana, Amerika Serikat

Danau yang airnya kotor dan keruh pasti kurang menarik perhatian. Keindahan seakan berkurang karena daya tarik utama pada sebuah danau, selain panorama keindahan alam di sekelilingnya adalah keberadaan air danau itu sendiri. Beda dengan danau yang airnya jernih dan bersih, danau pun menjadi enak dan sejuk dipandang. Mengunjungi danau yang seperti itu bisa menghilangkan penat dalam pikiran kita.

Nah, berkaitan mengenai kejernihan air danau, ada sebuah danau yang airnya super jernih. Namanya danau Flathead yang terletak di Barat Laut Montana, Amerika Serikat. Saking jernihnya, kita bahkan bisa melihat keadaan di dasar danau tanpa harus melakukan penyelaman. Lebih dari itu, karena airnya yang terlalu jernih membuat air danaunya kelihatan dangkal. Dengan hanya mengandalkan hasil foto, orang-orang pasti akan mengira jika kedalaman danau Flathead hanya 3-4 meter saja. Padahal kedalamannya mencapai 112 meter atau 370 kaki. Menarik, bukan?


Gambar 1. Permukaan Danau Flathead

Kejernihan air danau Flathead menghasilkan pemandangan air yang transparan. Bebatuan dan batang-batang-batang kayu yang terdapat di dasar danau terlihat dengan jelas. Apalagi pada siang hari, jika kita membentangkan tubuh di atas danau Flathead, genangan airnya tidak tampak, kita seperti sedang terbang di atas permukaan tanah.

Ikan-ikan juga terlihat berkeliaran dengan jelas di bawah danau ini. Atas kondisi itu, danau Flathead menjadi salah satu pusat area memancing. Tentu saja kegiatan memancing jadi lebih mudah, kita bisa mengarahkan umpan pada bagian wilayah di mana banyak ikan-ikan sedang berkumpul. Spesies ikan trout banyak ditemukan di danau ini, diantara populasi yang paling umum adalah ikan trout pelangi dan ikan trout kepala baja.

Danau yang memiliki panjang 43,9 km dan lebar 24.9 km ini merupakan salah satu danau air tawar terbesar di Amerika Serikat. Luas permukaannya lebih besar sedikit dibandingkan dengan danau Tahoe, tapi jauh lebih kecil terkait volume kedalaman airnya. Lokasi danau dikelilingi oleh pegunungan dengan tambahan pohon-pohon cemara yang tumbuh subur di bagian sisi gunung membuat danau Flathead tidak tampak gersang.


Gambar 2. Kejernihan air danau Flathead

Meski terletak di daerah pegunungan, akses untuk menuju ke danau Flathead sudah bisa dijangkau dengan mudah. Hotel-hotel yang berada di dekat danau pun banyak ditemui sehingga menjadi pilihan menarik bagi wisatawan sebagai tempat peristirahatan. Fasilitas lain yang bisa kita coba tentu saja menelurusi kejernihan air danau Flathead dengan sampan yang disediakan pengelola, sembari memancing bagi Anda yang ingin melampiaskan hobby memancingnya.

Peraturan yang harus kita taati saat berada di sekitar danau tentu saja menjaga kebersihan tempat. Dilarang membuang sampah apapun ke danau Flathead karena akan merusak kebersihan dan kejernihan air danau. Terbatasnya sumber informasi yang bisa kita dapatkan dari laman internet mengenai danau Flathead ini menyulitkan penulis dalam mengulas informasi danau secara lebih mendalam. Diharapkan bagi pembaca atau siapapun yang pernah mengunjungi danau Flathead bisa membagikan pengalamannya pada kolom komentar blog ini sebagai tambahan referensi. Terima kasih.

Oleh: Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://www.articlesphere.com/id/Article/Fishing-Flathead-Lake/80275
2. https://en.wikipedia.org/wiki/Flathead_Lake
3. http://catherinmonica.blogspot.co.id/2014/09/danau-flathead-yang-unik.html
Sumber Gambar:
1. https://id.pinterest.com/pin/342836590355812468/
2. http://kumpulan-berita-unik.blogspot.co.id/2015/01/tempat-menakjubkan-di-dunia-yang-terlihat-tidak-nyata.html


Related Posts :