Jumat, 03 Februari 2017

Danau Kindy, Danau dengan Hutan Bawah Air yang Indah

Jika Austria punya danau Gruner Sea dengan keindahan taman bawah airnya, maka negara Kazakhstan punya danau Kindy dengan hutan bawah airnya yang tak kalah indah. Keberadaan hutan dalam sebuah danau ternyata sebuah kenyataan. Hutan yang selama ini kita lihat tumbuh di daratan, ternyata ada di dalam sebuah danau, dan itu bukanlah cerita fiktif. Danau Kindy yang berada dalam jangkauan 129 km dari kota Almaty, Kazakhstan ini sebagai salah satu buktinya.


Gambar 1: Permukaan Danau Kindy

Bagaimana bisa ada hutan di dalam danau Kindy? Peristiwanya tak bisa lepas dari identitas danau yang dinamakan danau “Kindy” yang berarti batu atau tanah longsor. Bermula dari terjadinya gempa bumi yang melanda negara Kazakhstan pada tahun 1911. Di mana gempa tersebut mengakibatkan terjadinya tanah longsor pada bagian pegunungan Tian Shan yang terdapat hutan di dalamnya.

Pada bagian tanah pegunungan yang longsor itu menimbulkan adanya cekungan yang kemudian menampung air hujan. Lama-kelamaan cekungan tersebut terisi penuh oleh air hujan dan membentuk sebuah danau dengan panjang 400 meter. Sementara di dalam danau itu sendiri masih terdapat sisa-sisa pepohonan yang berasal dari hutan dalam pegunungan yang terendam oleh air. Dengan keberadaan pohon-pohon itulah yang menghiasi keindahan bawah air danau seperti hutan yang terendam.


Gambar 2: Pohon-pohon cemara yang tumbuh di atas danau Kindy

Meskipun dari permukaan pohon-pohon cemara itu tidak memiliki daun, tapi pada bagian batang yang terendam masih tumbuh akar dan cabang beserta daunnya pada pohon cemara itu dengan utuh. Kondisi itu sangat mendukung bagi wisawatan untuk melakukan penyelaman atau diving guna melihat keindahan bawah airnya yang memiliki kedalaman 30 meter itu. Apalagi diketahui air pada danau Kindy sangat jernih sehingga memudahkan penyelaman untuk melihat keindahan hutan bawah airnya dengan jelas. Kejernihan air danau Kindy yang berwarna biru kehijauan itu dipengaruhi oleh keberadaan pepohonan dalam danau, ditambah dengan kenyataan bahwa air danau Kindy yang tak memiliki akses untuk dialiri atau mengalir keluar.

Tidak hanya kaya dengan pepohonan cemara yang tumbuh di dalamnya, danau Kindy juga menjadi habitat bagi ikan trout yang tentunya membuat susasana dalam air menjadi lebih hidup. Panorama di sekitar danau yang diselimuti dengan pegunungan Tian Shan juga menambah keindahan di lokasi danau Kindy. Melakukan kunjungan ke danau ini pada musim semi, wisatawan bisa berkesempatan untuk melakukan penyelaman, setelahnya menikmati momen memetik strawberry dan raspberyy. Sedangkan jika berkunjung pada musim dingin, pengunjung akan menyaksikan pemandangan air danau kindy yang beku. Tapi oleh sebagai wisatawan justru menyukai kondisi itu karena menurut mereka adalah waktu yang tepat untuk menyalurkan hobi memancingnya (mancing ikan trout) dan melakukan kegiatan ice diving.


Gambar 3. Hutan Bawah Air danau Kindy

Sebagai penutup, harap diingat bagi wisatawan yang ingin melakukan penyelaman untuk memastikan kondisi tubuh benar-benar fit plus memakai perlengkapan penyelaman yang memadai. Dikarenakan lokasi danau yang berada di ketinggian, membuat suhu air danau Kindy sangat dingin dan membahayakan. Berdasarkan sumber informasi, walaupun pada musim panas, suhu air danau Kindy tak lebih dari 6 derajat celcius. Dan akan mencapai suhu ekstrem ketika musim dingin datang. Bila hal itu tidak disadari, tentu sangat berbahaya bagi wisatawan yang melakukan penyelaman.

Oleh: Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://travel.detik.com/read/2014/11/13/164948/2747622/1520/ini-baru-aneh-hutan-di-dalam-danau-di-kazakhstan
2. http://atjehpost.co/berita1/read/Ajaib-ada-hutan-di-bawah-Danau-Kazakhstan-52929
3. https://www.merdeka.com/gaya/menikmati-keunikan-hutan-yang-terendam-di-danau-kaindy.html
Sumber Gambar:
1. https://commons.wikimedia.org/wiki/User:Jsx
2. www.flickr.com/photos/10185080@N06/6801844928/
3. http://englishrussia.com/2010/03/02/ice-diving-in-kazakhstan/


Related Posts :