Kamis, 16 Februari 2017

Danau Spirit, Danau dengan Sejuta Pohon Mengapung

Sebagian permukaan danau Spirit yang terletak di Washington, Amerika Serikat tertutupi oleh jutaan batang pohon mati yang mengapung di atasnya. Keindahan permukaan danau Spirit pun menjadi berkurang karena dicemari oleh tumpukan sampah batang pohon tersebut. Sekilas pemandangan itu menyerupai tikar raksasa yang dibentangkan di atas danau. Banyaknya batang pohon mati itu adalah akibat bencana alam berupa letusan gunung berapi St. Helens yang berada tidak jauh dari danau.

Letusan gunung berapi St. Helens terjadi pada 18 Mei 1980, tapi sisa-sisa hasil letusan masih bisa ditemui sampai saat ini pada wilayah sekitar gunung. Salah satunya keberadaan jutaan batang pohon di atas permukaan danau Spirit. Itu adalah letusan terdahsyat yang terjadi di daratan Amerika Serikat setelah letusan gunung berapi Lassen Peak tahun 1915 di California.


Gambar 1. Permukaan Danau Spirit

Letusan itu mengakibatkan seluruh sisi utara gunung berapi mengalami longsor dengan kerusakan yang sangat parah sepanjang 27 km. Jutaan pohon yang tumbuh pada sisi-sisi perbukitan sekitar gunung runtuh terbawa lahar dan luapan abu vulkanik panas yang mengantarkannya pada danau Spirit yang hanya berjarak 5 km dari kawah gunung berapi. Sebenarnya selain danau Spirit, ada dua danau lainnya yang terkena dampak pencemaran batang pohon yang tumbang, yaitu danau St. Helens dan danau Coldwater. Namun diantara ketiga danau tersebut, permukaan danau Spirit yang paling dominan menerima jutaan batang pohon mengapung itu.


Gambar 2. Jutaan Pohon Mengapung di atas danau Spirit

Lebih dari tiga dekade lamanya letusan gunung St. Helens telah berlalu, tapi puing-puing kerusakan yang ditimbulkannya masih bisa kita lihat sampai hari ini. Terutama pada danau Spirit yang sengaja dibiarkan mengapung begitu saja. Alasannya, pasca letusan gunung St. Helens itu, menjadi sebuah kesempatan bagi ilmuwan untuk mencoba mempelajari bagaimana transformasi kimia dan mikrobial serta pemulihan biologis danau yang dihantam oleh gangguan vulkanik gunung berapi.

Bahkan untuk mendukung penelitian itu, pada tahun 1982 didirikan Monumen Vulkanik Nasional Gunung St. Helens. Tujuannya adalah untuk memastikan perlindungan ekosistem danau Spirit dan ekosistem lain yang berada dalam wilayah 220 mil persegi dari letusan gunung St. Helens. Dengan pendirian Monumen ini juga memastikan segala kegiatan rekreasi yang menghambat proses pemulihan danau Spirit dihentikan. Termasuk kegiatan memancing atau penangkapan ikan pada danau Spirit.


Gambar 3. Kerusakan di sisi perbukitan akibat letusan Gunung St. Helens

Padahal, sebelum terjadinya letusan Gunung St. Helens, danau Spirit terkenal akan keindahannya. Dengan keindahan yang dimilikinya danau Spirit pun seringkali dijadikan oleh wisatawan sebagai destinasi saat liburan. Pihak pengelola memanfaatkan panorama keindahan danau Spirit dengan baik, melalui pendirian enam kamp di tepian danau dan pondok-pondok katering yang ditujukan bagi para pengunjung. Tapi sejak permukaan danau dicemari oleh jutaan batang pohon mengapung tersebut, semua keindahan danau Spirit kini seakan tinggal kenangan.

Oleh: Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
https://id.wikipedia.org/wiki/Letusan_St._Helens_1980
http://versesofuniverse.blogspot.co.id/2015/01/tikar-raksasa-dari-batang-pohon-yang.html
http://log.viva.co.id/news/read/585111-jutaan-batang-pohon-mengapung-di-danau
Sumber Gambar:
http://versesofuniverse.blogspot.co.id/2015/01/tikar-raksasa-dari-batang-pohon-yang.html
http://versesofuniverse.blogspot.co.id/2015/01/tikar-raksasa-dari-batang-pohon-yang.html
http://versesofuniverse.blogspot.co.id/2015/01/tikar-raksasa-dari-batang-pohon-yang.html


Related Posts :