Senin, 13 Februari 2017

Danau Surf Snowdonia, Danau yang Menghasilkan Ombak Seperti Laut

Wilayah perairan yang menghasilkan ombak adalah laut. Orang-orang yang ingin berselancar (surfing) pun harus pergi ke laut untuk bisa merasakan sensasi berselancar itu. Mengingat yang selama ini diketahui hanya di lautan yang terdapat ombak. Tapi tahukah Anda bahwa saat ini bukan hanya lautan yang menghasilkan ombak? Ternyata, di sebuah danau juga ada.

Mungkin belum banyak yang tahu, bahwa terdapat sebuah danau di Inggris yang memiliki gelombang ombak persis seperti di lautan. Alhasil, mereka yang berkunjung ke danau itu bisa menikmati berselancar dengan papan surfing tanpa harus pergi ke laut. Asyik, bukan?


Gambar 1. Danau Surf Snowdonia

Surf Snowdonia, danau buatan berlokasi di North Wales, Inggris ini merupakan danau dengan gelombang ombak terpanjang di dunia. Gelombang ombak itu tidak tercipta secara alami, melainkan dengan proses buatan. Dengan memakai bajak atau luku yang ditaruh di bawah air, digerakkan oleh alat berteknologi canggih mampu berfungsi menggulung perairan danau hingga membentuk gelombang ombak seperti di lautan. Intensitas kekuatan gelombang pun bisa berubah-ubah, jadi peselancar bisa benar-benar merasakan sensasi persis pada ombak alami yang ada di lautan.

Untuk semakin memuaskan sensasi berselancar para pengunjung, ukuran danau ini dibangun dengan cukup luas. Memiliki panjang sekitar 1000 kaki dengan lebar 400 kaki, danau Surf Snowdonia mampu menampung banyak peselancar dan orang yang hendak berenang di dalamnya. Dibutuhkan sekitar enam juta galon air untuk mengisi danau ini. Yang sebagian diantaranya dengan memanfaatkan air hujan untuk mengisinya.


Gambar 2. Pengunjung merasakan sensasi berselancar di danau Surf Snowdonia

Danau ini didirikan oleh perusahaan Wavegarden yang diperkirakan telah menghasilkan dana hingga ratusan miliar dalam proses pembangunannya. Selesai pada pertengahan 2015 lalu, danau Surf Snowdonia kemudian dibuka awal Agustus.

Pasca dibukanya danau Surf Snowdonia, wisatawan pun ramai berdatangan, terutama para penyuka selancar untuk merasakan sensasi berselancar di atas danau buatan ini. keuntungan dari berselancar di danau ini adalah keberadaan gelombang ombak tidak dipengaruhi cuaca seperti halnya di lautan, di mana ada waktu-waktu tertentu ombak akan tinggi ataupun surut.

Di sini pengaturan ombak bisa disesuaikan, seperti menciptakan gelombang dengan tinggi 2 meter, panjang 300 meter, dan memiliki konsistensi per 60 detik. Dengan pengaturan seperti itu maka memudahkan bagi peselancar pemula untuk berlatih berselancar dengan baik.


Gambar 3. Danau Surf Snowdonia jadi pusat latihan berselancar bagi pemula

Berkunjung ke danau Surf Snowdonia, pengunjung tidak hanya disungguhi dengan aktifitas berselancar. Ada fasilitas lain dibangun pihak pengelola di sekitar danau, seperti wisata camping, coffe shop, juga restoran dengan kelezatan makanan yang disajikan. Panorama di sekeliling danau juga cukup indah. Ada banyak pepohanan tumbuh di sekitarnya, ditambah dengan hotel dan perumahan-perumahan warga.

Keberadaan danau Surf Snowdonia ini menjadi danau buatan pertama di dunia yang sengaja dibangun sebagai ajang komersil. Dari beberapa sumber informasi yang penulis himpun, belum diketahui berapa biaya yang harus dikeluarkan sebagai tiket masuk ke area danau. Tapi sepertinya tidak sedikit jumlah uang yang mesti dibayar agar bisa merasakan sensasi berselancar di danau Surf Snowdonia ini.

Oleh: Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://duniasejutawarna.blogspot.co.id/2015/08/tak-selalu-di-laut-danau-ini-juga.html
2. http://travelingyuk.com/destinasi-baru-2016/10075/
Sumber Gambar:
1. http://www.mymodernmet.com/profiles/blogs/wavegarden-surf-snowdonia-surfable-wave-park
2. http://www.mymodernmet.com/profiles/blogs/wavegarden-surf-snowdonia-surfable-wave-park
3. http://www.mymodernmet.com/profiles/blogs/wavegarden-surf-snowdonia-surfable-wave-park


Related Posts :