Kamis, 09 Februari 2017

Danau Terapung Paling Unik Di Dunia, Danau Loktak India

Apa yang anda pikirkan ketika mendengar kata India? Pasti film-film yang khas akan nyayian dan tarian. Ya memang itulah ciri khas film india. Di luar industri perfilman bolliwood yang sangat tersohor itu, ternyata India memiliki danau terapung yang sangat unik, dan hanya ada di India. Anda tidak akan menemuinya di tempat lain. Danau Loktak Namanya, terletak di Provinsi Manipur, India. Danau ini merupakan danau air tawar terbesar di Timur Laut India.

Danau Loktak menyandang predikat unik karena di permukaan danau ini terdapat gugusan pulau yang berbentuk lingkaran seperti cincin. Masyarakat setempat menyebutnya dengan Phumdi, Phumdi ini hampir memenuhi permukaan danau. Phumdi yang mengambang di permukaan danau ini memiliki ketebalan kurang lebih 4,5 meter.

Jika danau ini dilihat dari ketinggian akan terlihat cantik dan mengesankan. Danau luas dengan permukaan yang sangat unik, susunan cincin-cincin raksasa yang tak ditemukan di manapun. Bagian tengah danau ini memiliki kedalaman yang lebih dalam di banding di tepian.


Gambar 1. Danau Loktak

Dan yang membuat danau ini lain daripada yang lain, pulau yang ada di permukaan danau ini tidak menetap. Phumdi ini bisa bergerak ke mana saja mengikuti arus air. Besar kecilnya juga tidak tetap, bisa bertambah atau berkurang tergantung dengan musim. Ketika air danau ini surut, akar tanaman yang ada di Phumdi bisa mencapai dasar danau, menempel di sana. Dan ketika debit air bertabah akar akan terputus dengan mudahnya, dan Phumdi mengapung kembali.


Gambar 2. Phumdi di permukaan Danau Loktak

Meskipun Phumdi ini mengapung dan bisa berpindah tempat, bukan berarti phumdi ini tak berpenghuni. Phumdi terbesar di Danau Loktak ini bernama Khangpoks, di sana terdapat pemukiman penduduk yang dihuni kurang lebih 4000 ribu orang, di sini anda bisa menemukan rumah wisata Sendra. Phumdi yang dimiliki danau Loktak ini merupakan satu-satunya Taman Nasional terapung di dunia.

Ada hewan endemik yang hidup di Phumdi ini, yaitu rusa india. Warga setempat menamakan rusa langka ini Sangai. Selain untuk tempat koservasi jenis rusa langka, Phumdi dan sekitar danau ini juga menjadi tempat tinggal dari 100 lebih spesies burung dan 425 spesies hewan lain. Bahkan ada beberapa yang termasuk hewan langka, seperti ular phyton india dan sabhar.


Gambar 3. Rusa india yang hanya ada di wilayah Danau Loktak

Danau Loktak ini termasuk danau kuno yang berperan sangat penting untuk menunjang perekonomian Manipur. Karena danau ini menjadi sumber air yang digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA),irigasi, dan memenuhi kebutuhan sehari-hari warga akan air bersih. Namun saat ini Phumdi sudah hampir punah, ada proyek hidroelektrik di Danau Loktak yang menyebabkan permukaan air danau naik, sehingga menyebabkan akar tanaman di Phumdi tidak bisa lagi mencapai dasar danau. Dan bagian pinggir Phumdi semakin menipis setiap tahunnya.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi tulisan:
1. http://www.apakabardunia.com/2012/09/keunikan-phumdi-danau-terapung-langka.html
2. http://life.viva.co.id/news/read/416066-menikmati-misteri-danau-apung-di-india
Sumber gambar:
1. http://1.bp.blogspot.com/-QJr7fZYldHo/UEeVjbFOS3I/AAAAAAAAbLA/CYeaRwKpcKM/s1600/192813_phumdi3.jpg
2. http://3.bp.blogspot.com/-EFHrjJLpmSE/UEeVdfazlwI/AAAAAAAAbKw/eKgF5KibTqg/s1600/192729_phumdi1.jpg
3. http://www.kanglaonline.com/wp-content/uploads/2010/10/sangai_second_home.jpg


Related Posts :