Senin, 06 Februari 2017

Keeksotisan Danau Reed Flute, Danau yang Berada dalam Gua

Danau Reed Flute merupakan salah satu danau paling eksotis yang terdapat di Guilin, Tiongkok. Berada di dalam gua kapur berusia 180 juta tahun, danau ini lantas menarik banyak wisatawan dari seluruh dunia untuk mengunjunginya. Sejak ditemukan keberadaannya pada tahun 1940, Danau Reed Flute memang langsung menyita banyak perhatian. Bagaimana tidak, lokasi danau sangat eksotis berada dalam gua kapur yang berkilauan. Orang-orang yang datang pasti akan dibuat kagum dengan panorama keindahannya dalam gua itu, kesan mengagumkan itu pun akan membekas dalam ingatan. Tidak salah jika objek wisata yang satu ini menjadi salah satu andalan di wilayah Guilin, Tiongkok.


Gambar 1: Danau Reed Flute

Konon gua beserta danau Reed Flute ini sudah terkenal pada zaman kuno lebih dari 1200 tahun yang lalu. Hal itu ditandai dengan ditemukannya kurang lebih 70 prasasti peninggalan zaman dinasti Tang berusia 792 Masehi yang terdapat dalam gua. Keberadaannya sempat terlupakan hampir seribu tahun lamanya, sampai akhirnya pada tahun 1940, saat sekelompok pengungsi melarikan diri dari serbuan tentara Jepang, mereka lalu menemukan gua ini sebagai tempat persembunyiannya. Sejak saat itulah sampai saat ini objek wisata Reed Flute menjadi ramai dikunjungi dan semakin dikenal.


Gambar 2. Kondisi dalam Gua dengan pencahayaan berwarna-warni

Walau berada dalam gua, kondisi gua itu sendiri tidak gelap gulita. Gua ini memancarkan beragam cahaya warna-warni yang sangat indah. Keadaan air danau Reed Flute yang tenang dan jernih memantulkan Stalagtit dan Stalagmite yang tampak bercahaya itu. Perpaduan beragam warna seperti: merah, biru, hijau, kuning, pink, dan lainnya menciptakan suasana danau Reed Flute jadi terkesan romantis. Maka itu, tempat ini sangat sesuai untuk menjadi destinasi wisata bagi pasangan yang ingin menciptakan liburan yang mengesankan.

Dekorasi alami dari gua dengan bentuk batuan-batuan unik beragam struktur itu menambah kesan menakjubkan dari danau Reed Flute. Dari bebatuan stalagit yang menggantung di langit-langit gua, dan bebatuan stalagmite yang menjulang seperti pilar penyangga. Struktur bebatuannya juga unik, ada batu yang menyerupai bentuk sayuran, gambar pemandangan alam, makhluk mitologi, sampai batuan yang berbentuk seperti Patung Liberty. Semua itu seperti pernah pernik yang menambah daya tarik objek wisata ini.


Gambar 3. Batuan Stalagit dan Stalagmite

Daya tarik itu telah banyak yang mengakui. Misalnya, Scott Graham, seorang fotografer asal Amerika yang sudah berpengalaman mengunjungi banyak gua di seluruh dunia, tanpa ragu mengatakan bahwa gua Reed Flute dengan danau bawah tanahnya ini menjadi yang paling spektakuler dari tempat serupa yang pernah ia kunjungi. “Tempat ini membuktikan betapa banyak keindahan yang ada di bawah tanah. Sungguh, alam benar-benar sangat menakjubkan” kata Graham. Terletak 240 meter di bawah permukaan tanah, danau Reed Flute menawarkan panorama keeksotisan yang dipastikan tak mengecewakan. Selamat berkunjung!

Oleh: Roma Doni
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Tulisan:
1. http://versesofuniverse.blogspot.co.id/2013/06/reed-flute-cave-di-guilin-china.html
2. http://www.tribunnews.com/travel/2015/08/08/gua-reed-flute-tiongkok-menyihir-setiap-pasang-mata-yang-memasukinya?page=2
3. http://oketekno.com/blog/405/spektakuler-sejuta-warna-cahaya-goa-reed-flute-tiongkok-menyedot-pengunjung-amerika/
Sumber Gambar:
1. http://jogja.tribunnews.com/2015/11/18/menakjubkan-gua-ini-punya-dinding-pelangi
2. http://www.gemadesa.com/2014/09/27/3325/danau-terindah-yang-ada-di-dunia.html
3. http://versesofuniverse.blogspot.co.id/2013/06/reed-flute-cave-di-guilin-china.html


Related Posts :