Kamis, 23 Februari 2017

Salah Satu Danau Tercantik di Dunia Berada di Bali

Bali memang begitu terkenal dengan keindahan pesona pantainya ke seluruh antero dunia. Karenanya, berbicara mengenai Bali, maka kita tak dapat menyampingkan keindahan pesona pantainya. Nah, selain pantai, ada juga destinasi wisata yang lainnya yang tak kalah indahnya. Salah satunya yaitu yaitu Danau Beratan. Danau yang terletak di Kawasan Begudul ini, dilansir dari Huffington Post, menjadi salah satu danau tercantik di dunia. Danau ini menempati peringkat 20 danau tercantik di dunia. Sedangkan danau yang menempati peringkat pertama yaitu Danau Como. Danau yang berbentuk seperti orang berjalan ini terletak di Italia utara. Sedangkan danau yang menempati peringkat 19 danau tercantik di dunia yaitu Danau Yamaguchi yang berada di Jepang.

Lalu, hal apa yang sebenarnya menyebabkan danau seluas sekitar 375 hektare ini menempati peringkat 20 danau tercantik di dunia? Salah satu hal yang tak dapat dipungkiri membuat danau ini begitu cantik yaitu adanya pura di tepi danau. Inilah yang menjadi daya tarik sekaligus ciri khas Danau Beratan. Pura tersebut bernama Pura Ulun Danu. Dalam Bahasa Indonesia, Pura Ulun Danu artinya pura di atas danau


Gambar 1. Pura Ulun Danu


Gambar 2. Panorama Alam Danau Beratan

Pesona keindahan pura ini dapat kita saksikan saat momen matahari terbit. Saat momen ini, cahaya matahari menyinari mulai menyinari pura sehingga pura ini terlihat mempesona saat pagi. Pura ini pun tak kalah mempesona saat disinari cahaya sinar matahari. Bayangan pura memantul di atas air danau pun menciptakan panorama memukau. Bagi masyarakat setempat, pura ini menjadi tempat untuk memuja dan mensyukuri kebesaran Tuhan atas karunianya memberikan kesuburan, kemakmuran, kesejahteraan ketenangan, dan perdamaian.

Selain pura yang terlihat mempesona, hal lainnya yang membuat danau ini begitu cantik yaitu bentang pemandangan pegunungan yang begitu memukau. Dan juga, bentang pemandangan alam yang begitu eksotis. Perpaduan pemandangan pegunungan dan pemandangan alam dengan pura menciptakan panorama yang semakin memukau. Suasana yang tenang pun, karena berada jauh dari keramaian kota, semakin menambah kesyahduan menikmati keindahan danau ini. Karena berada cukup tinggi dari permukaan laut, udara di danau ini terasa dingin. Sangat jauh berbeda dengan udara di pantai yang terasa begitu panas.

Nah, karena bentang pemandangan alamnya begitu memukau, sangat disayangkan bila tak mendatangi pura ini bila bila berkunjung ke Danau Beratan. Jarak danau ini dari Denpasar yaitu sekitar 55 kilometer. Sangat disayangkan juga bila tak berselfie saat mengunjungi pura tersebut. Sebagai informasi, tak sedikit wisatawan baik lokal maupun asing yang mengambil foto dengan background pemandangan alam khas danau ini. Spot ini pun dapat juga menjadi lokasi untuk foto pre-wedding. Tentu saja, agar mendapatkan suasana dan background panorama alam yang romantis dan indah.

Karena pesona keindahan Danau Beratan yang eksotis dan juga kental dengan nuansa religius, ,bila kita berwisata ke Bali, tak ada salahnya mengunjungi danau ini. Dan juga, jangan lupa untuk membawa kamera ataupun smartphone untuk berselfie ria. Nah, apakah ingin mengunjungi Danau Beratan? Bila ya, selamat menikmati keindahan alam Danau Beratan…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Gambar:
1. http://terraceatkuta.com/wp-content/uploads/2014/06/pura-ulun-danu-bratan.jpg
2. http://balisightseeings.com/foto/visit_bali/beratan/beratan.jpg


Related Posts :