Senin, 20 Februari 2017

Uniknya Danau Biru Neon di Australia

Danau unik yang diberi nama Danau Gippsland ini memiliki keistimewaan bisa menyala. Fenomena alam yang sangat menarik untuk dinikmati ini terletak di wilayah Viktoria, Australia. Danau fantastik ini bisa menjadi salah satu tempat wisata yang bisa anda kunjungi ketika melakukan kunjungan ke negeri tetangga. Jika anda ingin menikmati keunikan danau ini, disarankan untuk berkunjung di malam hari. Saat siang hari danau ini nampak sama saja dengan danau pada umumnya, tak ada yang istimewa. Akan tetapi danau ini akan menyajikan keunikan yang luar biasa pada malam hari, menyala, biru terang menyilaukan mata.


Gambar 1. Indahnya tepian danau menyala berpadu dengan indahnya bintang di langit

Saat anda menyentuh air atau masuk ke dalam danau maka seketika air danau akan menyala. Air di dalam danau menyala karena di dalam danau terdapat mikro organisme Noctiluca Scintillans, dan ketika terjadi pergerakan mikro organisme ini akan mengeluarkan cahaya. Inilah yang membuat Danau Gippsland ini sangat luar biasa mempesona, keunikkan akan muncul ketika mikro organisme di dalamnya merasa terganggu. Berenang di danau ini menimbulkan sensasi yang unik pula, saat anda masuk ke dalam air maka badan anda akan menyala. Seolah-olah anda habis tersiram cat radioaktif, ini saat yang tepat untuk mendokumentasikan kejadian unik dan indan, tubuh menyala anda.


Gambar 2. Eksotisnya percikan air menyala

Pada tahun 2008-2009, Phil Hart, seorang teknisi dan juru foto khusus langit yang berasal dari Hawthorn bersama teman-temannya melakukan kunjungan ke Danau Gippsland saat musim panas, dan mengambil foto dari keunikan danau yang mengeluarkan warna biru. Dia mengatakan jika proses terbentuknya kejadian unik seperti yang nampak di foto itu membutuhkan waktu yang lama. Kejadian dimulai pada Desember 2006, saat terjadi kebakaran semak-semak di sekitar danau. Peristiwa kebakaran ini menyebabkan abu yang mengandung nitrogen bertebaran. Dan saat hujan turun di Gippsland pada bulan Juni 2007, Nitrogen dan zat kimia lainnya mencemari air danau. Peristiwa ini meningkatkan kadar nutrisi di dalam air danau dan menyebabkan munculnya mikro organisme Noctiluca Scintillans pada saat musim panas.


Gambar 3. Badan anda akan ikut menyala ketika masuk ke dalam danau

Berada di danau ini menikmati sunyinya malam bersama dengan keunikan yang disuguhkan memang kesempatan langka. Kapan lagi bisa menikmati indahnya biopendar yang luar biasa mengagumkan ini? Sepertinya kita tidak akan menemukan tempat seperti ini di Indonesia. Jika sekarang anda berkunjung ke Danau Gippsland, kemungkinan gambar yang akan anda dapatkan tidak akan sama dengan yang di dapatkan Phil Hart. Dikarenakan saat ini ada beberapa biopendar di sana.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi tulisan:
https://teknologitinggi.wordpress.com/2011/01/28/danau-gippsland-di-australia-mengeluarkan-cahaya-biru-bila-dipukul/
Sumber gambar:
1. http://3.bp.blogspot.com/-aQWckuJcJrU/TrD-I-aiGRI/AAAAAAAABDo/Vm5ODPPPdqA/s1600/danau+Gippsland+1.png
2. http://4.bp.blogspot.com/-Oezd3gZaWE0/TrD-QV6eEeI/AAAAAAAABDw/tWRWE1XV0RM/s1600/danau+Gippsland+2.png
3. http://2.bp.blogspot.com/-HA4WsFwdBBE/TrD91FEvC_I/AAAAAAAABDY/as7Jwa2xPO8/s1600/danau+Gippsland+3.png


Related Posts :