Jumat, 24 Maret 2017

Danau Cermin Di Kalimantan Timur

Salah satu danau yang lagi booming di Balikpapan, Kalimantan Timur adalah Danau Cermin. Danau tersebut adalah Danau Manggar yang sering disebut Danau Cermin. Banyak pengunjung yang mengupdatenya ke jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan path. Dapat dilihat banyak pengunjung yang berselfie ria di sekitar danau tersebut. Sering tereksposenya ke media sosial, membuat danau tersebut semakin terkenal.

Danau ini disebut sebagai danau cermin karena kondisi airnya yang sangat jernih. Pada siang hari, pengunjung bisa melihat secara jelas danau tersebut seperti cermin. Saat menatap permukaan air di danau tersebut, pengunjung akan melihat awan putih dengan langit yang biru dari permukaan air seperti melihat dari sebuah cermin. Banyak pengunjung yang tidak ingin melewatkan momen tersebut dan mengabadikannya dalam sebuah foto. Pengunjung kebanyakan mengambil latar danau cermin sebagai objek foto.


Gambar 1. Foto Dengan Latar Danau Cermin

Danau tersebut sering dimanfaatkan oleh warga untuk menyedot airnya menggunakan pompa. Airnya yang sangat jernih sehingga layak untuk digunakan oleh masyarakat setempat. Letak Danau Cermin tidak jauh dari pemukiman warga sehingga akan ditemukan sebuah pondok pesantren tak jauh dari lokasi tersebut.

Di sekitar danau tersebut, terdapat dua buah menara tak jauh dari tepian. Pengunjung bisa berfoto dari atas menara dan menyaksikan keseluruhan danau dari atas. Untuk bisa sampai di atas, pengunjung harus memanjat menara setinggi 4 meter untuk bisa sampai di atas. Momen tersebut sangat sayang untuk dilewatkan jika berada di Danau Cermin.

Pengunjung akan disuguhkan dengan lingkungan alam yang masih asri saat berada di sana. Selain bisa menikmati keindahan Danau Cermin, pengunjung bisa bermalam. Di sana akan disediakan tempat bagi pengunjung yang ingin melakukan camping dan tracking. Tempat untuk camping yang sangat nyaman bagi pengunjung dan sudah terjaga keamanannya sehingga pengunjung tidak perlu takut.. Banyak siswa-siswi yang sudah melakukan camping di lokasi tersebut dalam sebuah kegiatan sekolah.

Danau Manggar terletak di kelurahan Manggar kecamatan Balikpapan Timur. Akses menuju tempat wisata tersebut sangat mudah dan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dari pusat kota Balikpapan. Jalanan untuk menuju ke sana bisa dilalui oleh mobil. Jika ingin menggunakan angkutan umum bisa menggunakan angkot nomor 7 dan berhenti di pondok pesantren. Danau ini terletak di belakang pondok pesantren dan tak jauh dari jalan utama. Bagi pengunjung yang kebingungan tentang lokasi Danau Cermin bisa bertanya dengan masyarakat setempat.

Danau Cermin bisa menjadi referensi tempat wisata bersama keluarga saat berada di Balikpapan, Kalimantan Timur.. Danau tersebut lagi booming di daerah tersebut dan sangat sayang jika tidak dikunjungi. Bagi pengunjung yang penasaran dengan keunikan Danau Cermin bisa langsung datang ke sana dan menikmati keindahan alam yang disuguhkan dari danau tersebut.

Oleh: Jenny
(Kirim pesan ke penulis)

Gambar:
http://4.bp.blogspot.com/-OXvimeV_uZU/VW0rr8fphEI/AAAAAAAAKi0/hdJP358l-u4/s1600/pengunjung%2Bdanau.JPG


Related Posts :