Selasa, 07 Maret 2017

Danau Sentarum, Danau Unik dan Langka Di Kalimantan

Berbicara mengenai danau unik dan langka yang berada di Indonesia, salah satu danau yang yang mesti kita bahas yaitu Danau Sentarum. Di danau yang merupakan bagian Taman Nasional Danau Sentarium, terdapat beberapa keunikan yang jarang ditemui di danau pada umumnya. Sebagai informasi, Taman Nasional Danau Sentarium terletak di Di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.Taman ini resmi dibuka pada tahun 1999. Nah, apa saja keunikan-keunikan yang ada di danau seluas sekitar 6500 hektar tersebut? Berikut keunikan-keunikan Danau Sentarum.


Gambar 1. Panorama Alam Danau Sentarum

Air Danau Sentarum Menjadi Habitat Berbagai Jenis Ikan Air Tawar
Salah satu keunikan sekaligus ciri khas Danau Sentarum yaitu beragamnya spesies ikan air tawar yang ada di dalam air danau. Sebabnya, sekitar 78 persen dari 266 spesies ikan yang ada di Taman Nasional Danau Sentani merupakan ikan air tawar hidup di dalam air danau.

Karena spesies ikan air tawar begitu beragam, ukuran ikan air tawar sangat bervariatif. Dari mulai ikan yang berukuran kecil hingga ikan yang berukuran besar. Contohnya ikan yang berukuran kecil yaitu ikan Linut. Ikan bertubuh transparan ini berukuran satu hingga dua sentimeter Sedangkan contoh ikan yang berukuran besar yaitu ikan tapah. Panjang ukuran ikan ini mencapai dua meter. Nah, karena ikan air tawar yang terdapat di dalam air danau sangat beragam, danau Sentarum disebut-sebut sebagai salah satu habitat ikan air tawar terlengkap di dunia.


Gambar 2. Ikan Toman, Salah Satu Spesies Ikan Air Tawar di Danau Sentarum

Danau Sentarum ‘Menghilang’ Saat Musim Kemarau
Danau Sentarum ini akan menjadi kering saat musim kemarau. Karenanya, saat musim kemarau, danau seperti seolah-olah menghilang. Sedangkan saat musim hujan, karena kawasan danau berada di tengah-tengah pegunungan, danau akan terendam air yang berasal dari pegunungan. Selain air yang berasal dari pegunungan, air yang merendam kawasan danau pun berasal dari luapan Sungai Kapuas. Biasanya, kawasan Danau Sentarum terendam hingga kedalam 6 hingga 14 meter selama 9 hingga 10 bulan pada setiap tahun. Total volume air yang merendam kawasan danau mencapai 16 juta kubik. Sebagai informasi, biasanya saat musim hujan, banyak orang yang memancing di Danau Sentarum. Tentu saja, karena terdapat beragam jenis ikan di dalam danau.


Gambar 3. Danau Sentarum Saat Musim Kemarau


Gambar 4. Danau Sentarum Saat Musim Hujan

Tersusun Dari 20 Danau
Seperti yang sudah disebutkan, setengah dari wilayah Taman Nasional Danau Sentarium merupakan wilayah danau. Di bagian wilayah danau, terdapat 20 danau. Diantara danau-danau tersebut, ada danau yang berukuran besar dan ada juga yang berukuran kecil. Berikut gambar danau-danau tersebut.


Gambar 5. Bagian dari Danau-Danau yang Ada Di Danau Sentarum

Itulah keunikan-keunikan yang ada di Danau Sentarum, Kesimpulannya, Karena keunikan-keunikan tersebut jarang ditemui di kebanyakan danau, tak salah menyebut Danau Sentarium merupakan salah satu danau terindah dan terunik yang ada di Indonesia. Dan juga, sebagai danau terunik dan terindah yang ada di dunia. Nah, apakah tertarik mengunjungi Danau Sentarium? Pengalaman mengunjungi Danau Sentarum tentunya akan menjadi hal yang sulit terlupakan.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi
  1. https://dreamindonesia.me/2012/02/20/danau-sentarum-danau-unik-dan-langka-di-jantung-borneo/
  2. http://travel.detik.com/read/2012/07/03/094518/1956261/1025/danau-sentarum-keindahan-sepanjang-musim-di-kalbar

Sumber gambar:
  1. http://www.enjoydanausentarum.com/wp-content/uploads/2014/02/copy-enjoy-danau-sentarum-1-1018x460.jpg
  2. http://www.fishonmag.com/wp-content/uploads/2014/06/Danau-Sentarum-28.jpg
  3. https://dreamindonesia.files.wordpress.com/2012/02/untitled-3.jpg
  4. https://dreamindonesia.files.wordpress.com/2012/02/untitled-7.jpg
  5. https://dreamindonesia.files.wordpress.com/2012/02/dansen.jpg


Related Posts :