Rabu, 08 Maret 2017

Danau Tolire Besar, Danau Berbentuk Mangkuk Raksasa di Maluku Utara

Di Maluku Utara, tepatnya di kaki Gunung Gamalama, terdapat sepasang danau. Danau tersebut yaitu Danau Tolire yang terdiri atas Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil. Jarak antara kedua danau tersebut yaitu sekitar 200 meter. Dari Kota Ternate, jarak menuju ke Danau Tolire yaitu sekitar 10 kilometer.

Nah, diantara kedua danau tersebut, danau yang menarik untuk kita simak yaitu Danau Tolire Besar. Danau ini pun, dibandingkan Danau Tolire Kecil, begitu menyedot perhatian wisatawan. Sebabnya, bentuk Danau yang airnya berwarna coklat kekuning-kuningan ini seperti mangkok raksasa. Luas area Danau Tolire Besar yaitu sekitar 5 hektare.


Gambar 1. Danau Tolire Besar

Karena sangat jarang danau yang berbentuk mangkok raksasa, bentuk danau yang seperti mangkuk raksasa menjadi keunikan sekaligus ciri khas Danau Tolire Besar. Selain bentuk danau yang seperti mangkuk raksasa, hal lainnya yang menjadi keunikan Danau Tolire Besar yaitu adanya pepohonan rindang yang ‘mengepung’ danau. Adanya pepohonan ini semakin menambah nuansa asri dan kesegaran danau ini.

Terkait kedalaman Danau Tolire Besar, hingga saat ini belum ada mengukurnya. Bila merujuk kepada keyakinan masyarakat setempat, masyarakat setempat meyakini kedalaman Danau Tolire begitu dalam. Masyarakat setempat pun meyakini bagian dalam air Danau Tolire Besar langsung terhubung dengan laut.


Gambar 2. Panorama Alam Danau Tolire Besar

Akan tetapi, meskipun Danau Tolire Besar begitu eksotis, pengunjung sangat disarankan menikmati keindahan Danau Tolire Besar dari tepi danau saja. Karenanya, pengunjung tak dapat merendamkan kaki di dalam air danau, berenang, ataupun mencuci muka dengan danau Sebabnya, masyarakat setempat meyakini bahwa ada banyak siluman buaya putih di dalam air danau. Para siluman buaya putih akan memangsa siapapun yang berada di dalam air danau.

Hal unik lainnya yang begitu melekat dengan Danau Tolire Besar yaitu batu tak akan menyentuh permukaan air danau meskipun batu dilempar sekuat tenaga. Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak pengunjung. Nah, karena hal tersebut merupakan fenomena tak lazim, anak-anak yang memanfaatkan hal tersebut untuk mengais rezeki. Di sekitar Danau Tolire, tak sedikit anak-anak yang menjual batu untuk membuktikan kepada pengunjung mengenai kebenaran hal tersebut.

Fenomena tak lazim ini pun menarik salah seorang turis asing untuk mencobanya. Ia menembakkan beberapa peluru dari senapannya. Namun, peluru sama sekali tak menyentuh permukaan air danau. Karena penasaran, ia memasuki air danau untuk mengetahui seperti apa bagian dalam danau. Setelah berada di dalam air danau, tiba-tiba ia menghilang. Masyarakat setempat meyakini bahwa turis asing itu telah dimangsa buaya putih.

Kesimpulannya, terlepas dari mitos adanya siluman buaya putih yang tinggal di dalam danau, Danau Tolire Besar menawarkan pesona keindahan alam tersendiri. Nah, ingin berwisata ke Danau Tolire Besar?

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
  1. https://travel.detik.com/read/2015/08/13/122642/2990944/1519/menguak-misteri-buaya-putih-di-danau-tolire-besar
  2. http://www.adalahnews.com/travel/keindahan-danau-tolire-dan-beragam-cerita-rakyat/
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Tolire
Sumber Gambar:
  1. http://www.piknikdong.com/wp-content/uploads/2015/11/Inilah-Danau-Tolire-di-Ternate-Yang-Menyimpan-Beragam-Cerita-Dibalik-Keindahanya.jpg
  2. https://harindabama.files.wordpress.com/2015/09/maluku12.jpg?w=1173&h=753


Related Posts :