Jumat, 10 Maret 2017

Eksotika Sepasang Danau Di Taman Nasional Zamrud

Di kawasan Taman Nasional Zamrud, taman nasional yang berada di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, terdapat danau yang menarik untuk kita simak. Danau tersebut bernama Danau Zamrud. Di danau ini, terdapat beberapa keunikan yang jarang ditemui di kebanyakan danau. Danau ini dinamakan Danau Zamrud, karena secara geografis danau ini berada Desa Zamrud.

Keunikan pertama sekaligus ciri khas Danau Zamrud yaitu Danau ini tersusun dari sepasang danau. Masing-masing danau tersebut yaitu. Danau Pulau Besar dan Danau Bawah. Luas Danau Pulau Besar yaitu 2.416 hektare. Sedangkan luas Danau Bawah yaitu 360 Hektare.


Gambar 1. Panorama Danau Zamrud


Gambar 2. Danau Pulau Besar

Pada Danau Pulau Besar, terhampar beberapa pulau. Menariknya, karena pulau-pulau tersebut dapat hanyut, pulau-pulau tersebut terkadang berpindah tempat. Pulau-pulau tersebut diantaranya Pulau Besar, Pulau Tengah, Pulau Bungsu. dan Pulau Beruk. Keempat pulau tersebut terbentuk dari endapan lumpur dan tumbuhan. Diantara keempat pulau tersebut, Pulau Besar merupakan pulau yang terbesar. Luas pulau ini yaitu sekitar 10 hektare. Sedangkan luas pulau lainnya berkisar diantara 1 hingga 2 hektare.


Gambar 3. Salah Satu Pulau yang Terhampar Di Danau Pulau Besar

Diantara keempat pulau tersebut, Pulau Beruk pun sangat menarik untuk kita simak. Pulau Beruk menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi satwa Beruk (kera tak berekor). Nah, karena hal tersebut, pulau ini dinamakan Pulau Beruk.


Gambar 4. Satwa Beruk

Selain hamparan pulau-pulau tersebut, air danau yang berwarna hitam pun memberikan keunikan tersendiri dan ciri khas Danau Zamrud. Ditambah lagi, danau pun dikelilingi hutan rawa. Memandang air danau yang berwarna hitam dengan ‘kepungan’ hutan rawa tentunya menyuguhkan karisma pesona alam yang sangat memukau. Memandang keindahan danau saat matahari terbenam pun menyuguhkan pesona alam tersendiri. Saat matahari terbenam, air danau berwarna hijau pekat seperti warna batu zamrud

Beberapa jenis ikan pun turut menghiasi keindahan Danau Zamrud. Jenis-jenis ikan yang menghuni air danau Zamrud antara lain ikan gelang, ikan patin, silais, lele, gabus, balido, tomang, baung, tapah, kayangan, selais dan simpimping. Beberapa dari jenis ikan tersebut bernilai ekonomis, misalnya ikan lele dan ikan patin. Karenanya, menarik minat para nelayan untuk menangkapnya. Keunikan sekaligus ciri khas Danau Zamrud lainnya yaitu tumbuhan Pinang Merah di tepi danau. Tumbuhan ini hanya dapat tumbuh di tepi Danau Zamrud. Karenanya, tumbuhan ini termasuk tumbuhan langka.

Selain menyuguhkan keindahan alam tersendiri, Danau Zamrud pun menyimpan minyak bumi dalam jumlah yang sangat besar. Di dasar Danau Zamrud, diperkirakan tertimbun 50 juta barrel minyak bumi.

Demikian, keunikan-keunikan Danau Zamrud. Kesimpulannya, tak salah menyebut Danau Zamrud sebagai danau yang unik dengan pesona kharismatik keindahan alam yang begitu memukau. Nah, ingin berwisata ke Danau Zamrud? Jarak Danau Zamrud dari Kota Pekanbaru yaitu sekitar 180 kilometer.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://travel.detik.com/read/2011/11/25/143717/1775636/1032/
http://bisnis.liputan6.com/read/2048342/penampakan-danau-zamrud-yang-simpan-minyak-50-juta-barel

Sumber gambar:
  1. https://www.wego.co.id/berita/wp-content/uploads/2012/10/Kawasan-suaka-margasatwa-Danau-Zamrud.jpg
  2. http://www.lihat.co.id/wp-content/uploads/2016/08/Danau-Pulau-Besar-Riau.jpg
  3. http://www.lihat.co.id/wp-content/uploads/2016/08/Salah-satu-pulau-di-Danau-Pulau-Besar.jpg
  4. http://www.profauna.net/sites/default/files/wildlife-species/beruk.jpg


Related Posts :