Rabu, 22 Maret 2017

Keunikan Yang Berbeda Dari Danau Toba

Siapa yang tidak tahu dengan Danau Toba. Danau Toba kini menjadi pilihan banyak wisatawan saat berlibur ke Sumatera Utara. Danau tersebut mempunyai banyak keunikan sehingga banyak orang ingin berlibur ke sana. Keunikan-keunikan yang dimiliki Danau Toba menjadikannya berbeda dengan danau lain yang ada di Indonesia.


Gambar 1. Kondisi Pasir Di Danau Toba

Danau Toba memiliki pasir putih yang bertekstur kasar seperti ada serpihan kaca. Berbeda dengan danau lainnya yang tidak memiliki pasir, Danau Toba memiliki pasir putih yang berbeda dengan pasir yang ada di pantai. Selain itu, Danau Toba dikelilingi hutan pinus dan terdapat beberapa air terjun. Di dalam hutan, pengunjung dapat menikmati pemandian air hangat yang airnya berasal dari mata air yang ada di hutan tersebut. Danau Toba memiliki kekayaan Panorama Alam yang jarang sekali didapatkan di danau yang lain.


Gambar 2. Pulau Samosir Di Tengah Danau Toba

Danau ini berbeda dengan danau yang lain karena terdapat pulau di dalamnya. Di tengah Danau Toba terdapat Pulau Samosir. Untuk menuju Pulau Samosir bisa menyewa kapal feri dari Pelabuhan Ajibata menuju Tuktuk. Pulau Samosir memiliki dua danau kecil yaitu Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. Pulau Samosir menjadi tempat tinggal suku Batak Samosir. Suku Batak tersebut memegang teguh kepercayaan leluhur. Di Pulau Samosir, pengunjung dapat mengunjungi Desa Tomok dan Tuktuk. Di Tomok terdapat banyak objek wisata seperti Makam Raja Sidabutar, Museum Batak dan pertunjukan tari boneka Sigale-gale yang populer di Sumatera ini. Boneka kayu setinggi 1,5 meter lengkap dengan pakaian adat Batak ini dapat menari tor-tor bersama wisatawan. Sedangkan Tuktuk menyediakan beberapa penginapan untuk wisatawan.


Gambar 3. Salah Satu Toko Suvenir Di Pulau Samosir

Keunikan lainnya adalah pengunjung bisa berbelanja di sekitar kawasan Danau Toba. Di sana terdapat banyak toko suvenir untuk memberikan oleh-oleh kepada sanak keluarga. Pengunjung bisa menemukan kain ulos, gitar khas Batak, kaos, gantungan kunci dan beraneka suvenir lainnya. Suvenir-suvenir ini bisa temui di Pulau Samosir, Parapat, Balige dan tempat-tempat lain sekitar Danau Toba.


Gambar 4. Pengisi Acara Di Festival Danau Toba

Hal lain yang tidak pernah ditemukan di danau lain adalah setiap tahunnya diadakan festival. Festival Danau Toba tersebut dibuat oleh permerintah daerah Sumatera Utara dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Acara ini dibuat pada bulan Agustus – September. Pengunjung bisa menikmati berbagai macam pertunjukan seni budaya dan juga lomba bagi masyarakat mulai dari pertunjukan tari sampai lomba perahu hias. Biasanya hadir beragam kuliner lezat khas Sumatera Utara.

Bagi pengunjung yang ingin menyaksikan langsung keunikan tersebut, bisa langsung datang ke sana. Untuk menuju Danau Toba bisa melalui Kota Parapat, Simalungun. Dari Terminal Pinang Baris di Medan, naiklah bus jurusan Parapat. Perjalanan ke Parapat dari Medan memakan waktu sekitar 6 jam. Dari Parapat, sudah terlihat Danau Toba dari kejauhan. Keunikan yang ada di Danau Toba sangat sayang untuk dilewatkan bagi pengunjung yang sudah memutuskan untuk berlibur ke Danau Toba.

Oleh: Jenny
(Kirim pesan ke penulis)

Gambar:
  1. http://tokopoker.org/wp-content/uploads/2016/08/13254906891902919237.jpg
  2. https://www.pegipegi.com/travel/wp-content/uploads/2014/09/pulau-samosir.jpg
  3. http://www.kampungukmdigital.com/assets/content/galeri-foto-toko-souvenir-2.JPG
  4. http://2.bp.blogspot.com/-S-h1618ZDyk/UCVTw01etWI/AAAAAAAAAJg/Hg2yXp_OQ_E/s1600/Foto+Kepala.jpg


Related Posts :