Senin, 27 Maret 2017

Mengulik Danau Reschensee Di Italia Yang Unik Dan Penuh Teka – Teki

Danau, salah satu objek bumi yang cukup bersahabat di telinga manusia. Bagaimana tidak ? Objek bumi yang satu ini banyak memberikan efek serta manfaat bagi manusia yang ada di sekitarnya. Bahkan, objek bumi yang bernama danau ini pun sering dijadikan sebagai ikon atau simbol pada sebuah daerah ataupun negara terkait dengan keunikannya. Danau yang ada di dunia sangatlah beragam dan memiliki ciri khasnya masing – masing. Mulai dari segi ukuran, kandungan air, kedalaman, hingga cerita dibalik asal usulnya.


Gambar 1. Danau Reschensee Di Italia

Pada bahasan kali ini, kita akan mengulik sedikit cerita tentang salah satu danau yang cukup populer di Italia, yakni Danau Reschensee. Danau ini terletak Vischgau dekat dengan perbatasan antara negara Austria dan negara Swiss. Dilansir dari penelitian, danau ini memiliki kapasitas air sebanyak 120 juta meter kubik dengan luas permukaannya sebesar 6,6 km2. Selain keindahan pemandangan dan juga bentuknya, ternyata ada teka – teki menarik yang menyelimuti mengapa ada sebuah gereja tua yang berada di tengah – tengah lokasi Danau Reschensee.

Konon menurut cerita, danau Reschensee pada masa lalunya adalah sebuah desa kecil yang bernama Desa Graun yang terdiri dari kurang lebih 163 bangunan rumah dan sebuah gereja megah. Semua berawal di tahun 1939 di mana hadirnya Montecatini dengan ide membuat sebuah danau buatan untuk keperluan sumber daya listrik. Rencana dari Montecatini akan berdampak pada tenggelamnya Desa Graun yang terletak di lembah. Meski banyak yang menentang ide ini, pada akhirnya di tahun 1950, rencana tersebut terealisasikan dengan bentuk tenggelamnya Desa Graun beserta bangunan dan gerejanya.


Gambar 2. Potret Desa Graun Dahulu Kala

Tenggelamnya Desa Graun hanya menyisakan sebuah bangunan gereja yang dapat di lihat oleh warga sekitar danau. Ini dikarenakan bentuk dari menara gereja yang cukup tinggi dibandingkan bangunan – bangunan lain yang ada di Desa Graun. Di masa kini, Danau Reschensee dimanfaatkan dan dijadikan sebuah objek wisata dengan keunikan menara gereja yang berada di tengah danau.

Italia setiap tahunnya memiliki musim dingin, ini pun ikut memberikan dampak bagi air Danau Reschensee yang membeku. Di kala musim dingin, banyak orang yang berjalan mendekati menara gereja melalui air yang mengeras menjadi es. Dan yang lebih menariknya, menurut banyak cerita dari warga sekitar, sering terdengar bunyi dari lonceng yang dipercaya berasal dari menara gereja di Danau Reschensee. Bunyi lonceng ini dinilai aneh karena lonceng yang berada di menara gereja sebelumnya telah dipindahkan dengan tujuan keselamatan.


Gambar 3. Keindahan Danau Reschensee

Terlepas dari kisah dan cerita di masa lalunya, Danau Reschensee sekarang telah menjadi sebuah ikon yang menarik bagi negara Italia. Ini pun berdampak baik bagi masyarakat yang tinggal di sekitar danau. Bagi teman – teman yang merencanakan untuk berlibur di Italia, Danau Reschensee dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang mengagumkan dan tidak boleh dilewatkan.

Oleh: Hendry
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
  1. http://life.viva.co.id/news/read/619196-membongkar-kisah-misteri-danau-reschensee-di-italia
  2. http://travel.detik.com/read/2012/07/03/082400/1956203/1383/keren-menara-gereja-muncul-di-tengah-danau-ini
Gambar :
  1. http://img.fotocommunity.com/kirche-von-graun-reschensee-italien-5d5d9b7b-dda5-43aa-b9a5-26317b89c818.jpg?height=1080
  2. http://www.sagen.at/doku/graun/images/Graun_Reschen_Sprengungen.jpg
  3. http://landschaft.yakohl.com/pic/reschensee-22102013.jpg


Related Posts :