Kamis, 09 Maret 2017

Sekumpulan Angsa Menghiasi Danau Svetloe Saat Musim Dingin

Saat musim dingin tiba di Siberia, yaitu sekitar Februari,ada fenomena unik di danau Svetloe. Sekumpulan angsa yang berasal dari utara Siberia bermigrasi ke danau yang terletak di sekitar pedesaan Urozhainoe ini. Angsa-angsa ini akan ‘pulang kampung’ saat musim dingin berakhir. Karena kehadiran angsa-angsa ini saat musim dingin, danau mendapat julukan danau Swan Lake dari penduduk setempat.

Nah,mengapa Angsa-angsa ini memilih bemigrasi ke Danau Svetloe saat musim dingin? Ada dua hal yang menyebabkan angsa-angsa ini nyaman berada di Danau Svetloe saat musim dingin. Pertama,suhu air danau Svetloe tak begitu dingin bagi angsa-angsa tersebut. Suhu air Danau Svetloe saat musim dingin yaitu diantara 5 hingga 6 derajat celsius. Kedua, terdapat beberapa mata air hangat di danau ini. Air yang dikeluarkan mata air ini tetap hangat, meskipun suhu udara di sekitarnya di bawah 40 derajat celsius.


Gambar 1. Danau Svetloe


Gambar 2. Sekumpulan Angsa di Danau Svetloe.

Lalu,sejak kapan angsa-angsa ini mulai mendatangi Danau Svetloe saat musim dingin tiba? Menurut keterangan masyarakat setempat, rombongan angsa mulai mendatangi Danau Svetloe sejak tahun 1967. Saat itu, menurut keterangan masyarakat setempat, hanya ada 15 ekor angsa saja yang menetap. Sisanya, meninggalkan danau ini saat musim dingin berakhir

Kehadiran angsa-angsa tersebut, yang biasanya berjumlah ratusan, membuat danau terlihat begitu putih dan mempesona.Pemandangan ini membuat danau, yang saat ini dikelola oleh Swans’ State Wildlife Presever, terlihat begitu romantis saat musim dingin. Selain itu, pemandangan ini pun seperti dalam dunia mimpi ataupun dunia fantasi. Karena terlihat romantis dan seperti dunia mimpi, tak sedikit orang yang tertarik mengunjungi danau ini saat musim dingin.


Gambar 3. Sepasang Angsa Di Danau Svetloe

Agar angsa-angsa tersebut tak merasa terusik dan juga agar lebih nyaman berada di air danau, pemerintah setempat mendirikan tempat setinggi sepuluh meter. Tempat ini dibangun di ‘spot’ khusus, tentunya agar mendapatkan sudut pandang pemandangan panorama danau yang indah. Nah, bagi pengunjung yang ingin melihat danau Svetloe dan angsa-angsa ini, dilarang mendekat ke areal danau. Danau dan angsa-angsa hanya dapat dipandang dari tempat tersebut.

Demikianlah, fenomena unik yang terjadi di Danau Svetloe. Fenomena Swan Lake tak hanya ada di dalam serial kartun, dongeng, ataupun film ber-genre fantasi ataupun non-fiksi saja. Tetapi juga, fenomena Swan Lake ada juga dalam dunia nyata. Fenomena nyata ini pun seolah-olah membawa kita masuk dalam dunia fantasi ataupun dunia mimpi.

Nah, bagi yang akan menikah di bulan Februari dan ingin ber-honey moon (berbulan madu) ke luar negeri,tak ada salahnya memilih Danau Svetloe sebagai tempat berbulan madu.Tentu saja, karena danau ini akan semakin menambah suasana romantis saat berbulan madu.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
  1. http://www.uaepigeon.com/up/uploads/images/uaepigeon-0c4937cab3.jpg
  2. http://www.uaepigeon.com/up/uploads/images/uaepigeon-cf94c6a2d0.jpg
  3. http://www.putokaz.me/images/Zanimljivosti/U_svijetu/112_svetloe_lake/swan-lake-sumter-sc-by-catscorner990.jpg


Related Posts :