Sabtu, 18 Maret 2017

Warna-warni Air Danau Wuhua Hai

Berbicara mengenai danau yang indah, kita tak dapat menyampingkan Danau Wuhua Hai. Danau ini disebut-sebut sebagai salah satu danau terindah di dunia. Sebabnya, di danau yang terletak di lembah Taman Nasional Jiuzgaigou ini, terdapat pesona keindahan alam yang begitu mempesona dan memukau. Terkait letak taman nasional tersebut, Taman Nasional Jiuzgaigou berlokasi di Provinsi Sichuan, salah satu Provinsi di Tiongkok sebelah barat daya.

Nah, keindahan sekaligus ciri khas Danau Wuhua Hai yaitu air danau yang menampakkan 5 warna yang saling berpadu harmonis dan berdegradasi. Nah, warna-warna tersebut yaitu biru cerah, biru gelap, hijau, kuning dan merah. Perpaduan warna tersebut terlihat seperti warna yang tampak pada bunga sehingga menjadikan air danau begitu mempesona dan memukau. Pesona warna-warna air Danau Wuhua Hai tentu saja mampu menarik banyak wisatawan


Gambar 1. Danau Wuhua Lake


Gambar 2. Danau Wuhua Lake

Karena menampakkan 5 warna yang masing-masing warna terlihat seperti warna bunga, danau ini dinamakan Wuhua Hai. Dalam Bahasa Indonesia, Wuhua Hai artinya 5 warna bunga. Munculnya warna-warna tersebut disebabkan oleh kandungan mineral pada air danau dan adanya alga di dalam air danau.

Setiap warna air yang tampak pun begitu begitu bersih dan jernih ibarat permata. Karenanya, air danau begitu memukau dan juga asri dipandang mata. Saking jernihnya air danau, siapapun dapat melihat ikan-ikan kecil, ranting pohon dan dedaunan dari atas air danau dengan begitu jelas. Dan juga, karena danau begitu jernih, apapun yang berada di dasar danau akan terlihat dengan jelas. Menariknya, bila dipandang dari atas, terkadang air danau berwarna biru dan juga terkadang berwarna kuning. Pesona dan keindahan Danau Wuhua Hai semakin terasa karena danau ini dikelilingi pohon-pohon rindang. Terkait kedalaman danau, danau ini relatif dangkal. Kedalaman danau yaitu sekitar 5 meter.

Selain pesona keindahan warna air danau, ada juga hal unik di Danau Wuhua Hai. Yaitu, air danau sama sekali tak membeku saat musim dingin, Padahal, benda-benda di sekitar danau membeku. Terkait sebabnya, menurut suatu penelitian, hal ini disebabkan adanya terowongan yang terhubung dengan Danau Chang pada bagian dasar danau. Terowongan yang kaya dengan kapur ini mengalirkan Air Danau Chang ke Danau Wuhua Hai. Nah, karena kapur turut terbawa air Danau Chang yang mengalir ke Danau Wuhua Hai, Air Danau Chang akan menghangatkan suhu air Danau Wuhua Hai. Nah, dengan demikian, keindahan air Danau Wuhua Hai dapat dinikmati meskipun saat musim dingin.


Gambar 3. Air Danau Wuhua Hai yang Begitu Jernih dan Bening Ibarat Permata

Kesimpulannya, karena keindahan dan pesona Danau Wuhua Hai seolah-olah membuat kita berada di surga. Karenanya, tak salah menyebut Danau Wuhua Hai Lake merupakan salah satu danau terindah di dunia. Sebagai informasi, danau ini mendapatkan predikat salah satu situs warisan dunia UNESCO pada 1992. Tentu saja, karena keindahan pesona danau tersebut.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
  1. http://inspirationseek.com/wuhua-hai-five-flower-lake-in-jiuzhaigou-valley-china/
  2. https://www.merdeka.com/tag/t/travel/wuhua-hai-danau-lima-warna-tercantik-di-china.html
Sumber Gambar:
  1. http://inspirationseek.com/wp-content/uploads/2014/06/Wuhua-Hai-Five-Flower-Lake.jpg
  2. http://inspirationseek.com/wp-content/uploads/2014/06/Wuhua-Hai-Lake-Photography.jpg
  3. http://inspirationseek.com/wp-content/uploads/2014/06/Wuhua-Hai-Lake-Photos.jpg


Related Posts :