Sabtu, 29 Juli 2017

Danau Kelimutu, Danau Tiga Warna yang Misterius

Kalau membicarakan keindahan alam, Indonesia adalah tempatnya. Di Indonesia banyak sekali tempat yang sangat bisa mencuci mata kita semua terutama yang ada di Indonesia bagian timur, seperti Danau Kelimutu ini. Danau ini terletak pada Gunung Kelimutu di Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Danau Kelimutu dikenal sebagai danau tiga warna, yakni merah, biru, dan putih. Menurut kepercayaan penduduk sekitar, ketiga danau ini adalah tempat berkumpulnya jiwa-jiwa yang sudah meninggal dengan berbeda golongan di setiap danaunya. Ketiga danau ini juga bisa berubah warna dalam jangka waktu tertentu. Tanpa panjang lebar saya akan mengulas masing-masing danau tersebut.

Danau pertama yang saya jelaskan terlebih dahulu adalah danau yang berwarna biru. Danau ini mempunyai nama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai (Danau Pemuda dan Gadis). Menurut kepercayaan penduduk sekitar, danau ini adalah tempat berkumpulnya jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau yang berwarna biru ini adalah danau yang paling dalam dengan kedalaman sekitar 127 meter dan luasnya 5,5 hektare. Menurut data dari Balai Taman Nasional Kelimutu menunjukkan bahwa dari tahun 1915-2011 danau ini berubah warna hingga 25 kali.


Gambar 1. Danau Kelimutu

Danau kedua adalah danau yang berwarna merah. Danau ini bernama Tiwu Ata Polo. Menurut kepercayaan penduduk sekitar, danau ini adalah tempat berkumpulnya jiwa-jiwa yang telah meninggal dan selama hidupnya selalu melakukan kejahatan. Danau ini memiliki kedalaman sekitar 64 meter dan luasnya 4 hektare. Menurut data dari Balai Taman Nasional Kelimutu, dari tahun 1915-2011 danau ini berubah warna hingga 44 kali.


Gambar 2. Danau Kelimutu Dilihat dari Atas

Danau yang terakhir adalah danau yang berwarna putih. Danau ini bernama Tiwu Ata Mbupu (Danau Orang Tua). Danau ini adalah tempat bekumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang sudah meninggal. Danau ini memiliki kedalaman 67 meter dan luasnya 4,5 hektare. Dan danau ini telah berubah warna hingga 16 kali dari tahun 1915-2011.


Gambar 3. Peta Danau Kelimutu

Danau Kelimutu memang sangat unik, dari terpisah menjadi tiga danau, warna yang berbeda dan dapat berubah, serta kepercayaan atau mitos-mitos dari penduduk setempat. Jika dilihat dari puncak Gunung Kelimutu, pasti sangat indah dan menakjubkan. Mungkin kalian semua bertanya-tanya kenapa bisa warnanya berbeda dan bisa berubah-ubah? Warna bisa berbeda karena setiap danau memiliki bentuk, kondisi hidrotermal, dan geokimia yang berbeda. Kalau warnanya bisa berubah, menurut Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Kerusakan Danau Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Titi Novitha Harahap menyimpulkan bahwa perubahan warna terjadi disebabkan oleh proses geokimia di dasar danau yang menghasilkan kandungan zat kimia tertentu di dalam air. Konon katanya, jika terjadi perubahan warna di air danau, maka akan ada peristiwa alam yang sangat besar di planet bumi ini.

Danau ini juga rawan bila terjadi gempa atau getaran hebat. Menurut Kepala Subdirektorat Pengendalian Kerusakan Danau Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Syamsuhari, mengatakan bahwa dinding pemisah antara Nua Muri Koo Fai dan Tiwu Ata Polo merupakan bagian paling labil karena berupa dinding batu sempit yang mudah longsor. Dinding ini hanya memiliki kemiringan 70 derajat dengan ketinggian 50-150 meter, hal ini sungguh menghawatirkan.

Danau Kelimutu adalah tempat yang dianggap sakral bagi penduduk setempat karena dipercaya sebagai tempat bersemayam banyak roh, sehingga penduduk setempat mengadakan sebuah upacara adat yang bernama Pati Ka Du’a Batu Ata Mata dan upacara adat ini dilaksanakan setiap satu tahun sekali. Tujuannya adalah untuk memberi makan roh-roh yang bersemayam di sekitar Danau Kelimutu.

Sekian informasi yang saya berikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian semua. Terima kasih.

Oleh: Bagus M. Permadi
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Kelimutu
2. http://phinemo.com/9-hal-yang-saya-temukan-di-danau-kelimutu/
3. https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/nusa-tenggara-timur/keunikan-danau-3-warna-kelimutu.html
4. http://www.yukpiknik.com/artikel/mitos-danau-kelimutu/
5. https://m.tempo.co/read/news/2016/01/08/061734353/rahasia-danau-kelimutu-di-ende-bisa-bersalin-warna-44-kali

Gambar :
1. http://phinemo.com/wp-content/uploads/2015/02/warna-danau-kelimutu.jpg
2. https://stagnes9d.files.wordpress.com/2015/09/danau-kelimutu.jpg
3. https://dody94.files.wordpress.com/2010/05/danau-kelimutu.jpg


Related Posts :