Senin, 21 Agustus 2017

Danau Rombebai Di Provinsi Papua

Berlokasi di sebelah utara Danau Paniai, Papua, adalah sebuah danau yang sangat menarik untuk dijadikan sebagai salah satu objek wisata alam buat anda dan keluarga untuk dikunjungi saat liburan ke Provinsi Papua, terdapat Danau Rombebai yang mempunyai luas cukup besar. Danau Rombebai terletak di tepi Sungai Memberamo dan memiliki jarak sekitar 20 km dari Samudera Pasifik. Danau ini menyimpan tempat yang cukup strategis karena tak terlalu jauh dari lautan lepas tetapi jarang ada ikan air laut yang menyasar dan masuk ke Danau Rombebai disebabkan karena aliran Sungai Memberamo cukup deras sepanjang tahun sehingga ikan laut kesulitan dalam melawan arus menuju ke danau. Danau Rombebai membentang indah seluas 137 hektare dan mempunyai cadangan gas alam yang cukup melimpah untuk memenuhi kebutuhan warga setempat.

Danau Rombebai merupakan sebuah danau yang terletak di Papua, Indonesia dan dikenal sebagai danau paling besar ke - 2 di Papua sesudah Danau Sentani. Danau ini berlokasi di sebelah kanan Sungai Mamberamo yang berjarak sekitar 20 kilometer dari Samudera Pasifik. Kabupaten terdekat dari danau ini adalah Kabupaten Sarmi yang dikenal sebagai salah satu tempat wisata yang menyuguhkan objek wisata berupa agrowisata buah – buahan khas Papua. Meskipun danau ini berada 20 kilometer dari lautan tapi pada musim – musim tertentu kadang – kadang warga setempat menjumpai seekor ikan hiu di perairan danau air tawar ini, di mana hal ini memang bisa saja terjadi mengingat danau ini terbuka dan sangat dekat dengan Sungai Mamberamo di mana pada waktu musim hujan, sungai ini mengalir deras hingga ke Samudera Pasifik.

Talented People, The Activity, Asia, Back, Background
Gambar. Danau Rombebai

Potensi danau ini selain tepat dijadikan sebagai tujuan wisata edukasi untuk anak – anak sekolah adalah terdapat sebuah tempat di mana menyimpan gas alam dalam jumlah yang cukup melimpah sama seperti yang ditemukan di sekitar Sungai Mamberamo. Blok gas alam di danau ini dikelola oleh AED Oil merupakan sebuah perusahaan eksplorasi minyak dan gas yang berbasis di Australia (dari berbagai sumber).

Fasilitas Dan Akomodasi
Meskipun telah lama dikenal sebagai salah satu kawasan wisata yang cocok dikunjungi oleh anak–anak dan kelompok pelajar, untuk fasilitas tersedia hingga saat ini masih belum cukup memadai seperti halnya kawasan wisata serupa di tempat lain seperti Bali, namun apabila anda memerlukan angkutan atau tempat untuk menginap sementara waktu, bisa menyewa dari warga sekitar di Danau Rombebai yang dikenal memiliki udara sejuk dan dikelilingi oleh hutan lindung yang di dalamnya terdapat beberapa spesies bunga anggrek langka. Ada jejeran warung–warung tradisional dan toko–toko suvenir tidak jauh dari rumah warga setempat yang menyediakan kebutuhan berupa makanan dan minuman serta benda–benda unik khas daerah setempat.

Salah satu sajian cukup menarik untuk anda coba saat berkunjung ke danau ini adalah minuman es kelapa muda asam manis merupakan salah satu minuman khas warga papua saat musim kemarau tiba, minuman ini selain rasanya enak juga kaya akan rasa dan dapat menyegarkan tubuh. Bagi anda yang bosan menikmati air kelapa muda seperti penyajian biasa yang diberi sirup gula dan es batu, minuman khas Papua ini mungkin bisa dijadikan sebagai pengganti di mana cara mengolahnya sangat sederhana.

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat es kelapa muda asam manis:
300 gram kelapa degan, kemudian anda kerok panjang, 1 ½ sendok teh selasih, kemudian anda rendam dalam air hingga mekar, 750 ml air kelapa muda / kelapa hijau, 75 ml air jeruk nipis, 750 gram es batu, 200 gram gula pasir dan 300 ml air.

Cara membuat es kelapa muda asam manis:
Pertama–tama anda rebus gula pasir dan air sampai mengental (gunanya adalah sebagai sirup), kemudian anda dinginkan di dalam kulkas. Selanjutnya anda aduk rata kelapa degan, selasih, air kelapa dan air jeruk nipis. Barulah anda tambahkan es batu dan sirup gula yang tadi sudah anda buat sebelumnya, lalu anda aduk rata. Anda siapkan gelas saji bersama garnis berupa potongan jeruk nipis atau sesuka anda, tuangkan es kelapa ke dalam gelas secukupnya saja. Sajikan.

Es kelapa muda asam manis ini bisa disajikan dengan kudapan ringan berupa sate ulat sagu yang banyak dijual pada warung–warung tradisional di sekitar danau, rasanya cukup enak bagi anda yang baru pertama kali mencicipinya. Demikian kami mengulas, semoga anda tertarik.

Penulis: Kadek Nila Utami
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi gambar:
https://pixabay.com/en/talented-people-the-activity-asia-1793406/


Related Posts :